Tari Jaipong

oke.... sekarang akk mau ngenalin kalian tentang Jaipong..
tau nggak itu apa..??? 
Jaipongan adalah seni tari khas Jawa Barat, tau nggak sejarahnya tu gimana???
Tari Jaipong lahir dari kreativitas seorang seniman asal Bandung. Namanya tu Gugum Gumbira. Ia terinspirasi pada kesenian rakyat yang salah satunya adalah Ketuk Tilu menjadikannya mengetahui dan mengenal betul perbendaharan pola-pola gerak tari tradisi yang ada pada Kliningan atau Bajidoran atau Ketuk Tilu. Sehingga ia dapat mengembangkan tarian atau kesenian yang kini di kenal dengan nama Jaipongan. 
Nah gitu sejarahnya....
 Tari Jaipongan pada saat ini bisa  kita lihat pada acara-acara penting kedatangan tamu-tamu dari Negara asing yang datang ke Jawa Barat, selalu di sambut dengan pertunjukkan tari Jaipongan. Tari Jaipongan ini banyak mempengaruhi pada kesenian-kesenian lainnya yang ada di Jawa Barat, baik pada seni pertunjukkan wayang, degung, genjring dan lainnya
Ehh Jaipongan itu sejenis tari tradisi Sunda yang atraktif dengan gerak yang dinamis. Tangan, bahu, dan pinggul selalu menjadi bagian dominan dalam pola gerak yang lincah, diiringi oleh pukulan kendang. Terutama pada penari perempuan, seluruhnya itu selalu dibarengi dengan senyum manis dan kerlingan mata. Inilah sejenis tarian pergaulan dalam tradisi tari Sunda yang muncul pada akhir tahun 1970-an yang sampai hari ini popularitasnya masih hidup di tengah masyarakat.hemmm berminat mau belajar...????

okee..... Mari kita lestarikan budaya lokal dari ancaman kaum penyeragam!  :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Terima kasih gan atas informasi nya

jangan lupa juga kunjungi situs kami di

http://stisitelkom.ac.id

Posting Komentar